Pages

Ads 468x60px

About

Blogger news

Blogroll

Blogger news

1/20/2013

Otitis media





A.     DEFINISI
  1. Otitis media adalah merupakan peradangan pada telinga bagian tengah, merupakan infeksi yang paling sering umum dijumpai pada anak usia dibawah 4 tahun ( Reeves C.J : 2001 ).
2.      Otitis media akut adalah infeksi akut telinga tengah biasanya terjadi selama kurang dari 6 minggu yang disebabkan ole Sreptococcus pneumonia, Hemophilus influenza dan Moraxella catahalis uang memasuki telinga tengah karena disfungsi saluran eustacheus yang disebabkan oleh obstruksi yang berhubungan dengan infeksi saluran pernafasan atas dan inflamasi struktur yang mengelilingi atau reaksi alergi.( Smeltzer.S.C & Brenda G. Bare: 2001 )
3.      Otitis media serosa / efusi adalah keadaan terdapatnya cairan di dalam telinga tengah tanpa adanya tanda dan gejala infeksi aktif. Secara teori, cairan ini sebagai akibat tekanan negative dalam telinga tengah yang disebabkan oleh obstruksi tuba eustachii ( Cody D & Thane R.: 1993 )
4.      Otitis media kronik adalah kondisi yang berhubungan dengan patologi jaringan irreversible dan biasanya disebabkan oleh episode berulang otitis media akut yang tak tertangani. Sering berhubungan dengan perforasi menetap membrane timpani. Infeksi kronik telinga tengah tak hanya mengakibatkan kerusakan membrane timpani tetapi juga dapat menghancurkan osikulus dan hampir selalu melibatkan mastoid. Sebelum penemuan antibiotic, infeksi mastoid merupakan infeksi yang mengancam jiwa. Sekarang, penggunaan antibiotic yang bijaksana pada otitis media akut telah menyebabkan mastoiditis koalesens akut menjadi jarang. Kebanyakan kasus mastoiditis akut sekarang ditemukan pada pasien yang tidak mendapatkan perawatan telinga yang memadai dan mengalami infeksi telinga yang tak ditangani. Mastoiditis kronik lebih sering, dan beberapa dari infeksi kronik ini, dapat mengakibatkan pembentukan kolesteatoma, yang merupakan pertumbuhan kulit ke dalam ( epitel skuamosa ) dari lapisan luar membrane timpani ke telinga tengah. Kulit dari membrane timpani lateral membentuk kantong luar, yang akan berisi kulit yang telah rusak dan bahan sebaseus. Kantong dapat melekat ke struktur telinga tengah dan mastoid. Bila tidak ditangani, kolesteatoma dapat tumbuh terus dan menyebabkan paralysis nervus fasialis ( N. Cranial VII ), kehilangan pendengaran sensorineural dan/ atau gangguan keseimbangan (akibat erosi telinga dalam) dan abses otak.

B.     ETIOLOGI
Penyebab otitis media dibagi menurut jenisnya yaitu :
  1. Otitis media akut
Penyebab utama otitis media akut adalah masuknya bakteri patogenik ke dalam telinga tengah yang normalnya adalah steril. Paling sering terjadi bila terdapat disfungsi tuba eustachii seperti obstruksi yang disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan atas, inflamasi jaringan disekitarnya (eg : sinusitis, hipertrofi adenoid) atau reaksi alergik ( eg : rhinitis alergika). Bakteri yang umum ditemukan sebagai organisme penyebab adalah Streptococcus peneumoniae, Hemophylus influenzae, Streptococcus pyogenes, dan Moraxella catarrhalis.
  1. Otitis media serosa
Cairan pada otitis media serosa sebagai akibat tekanan negative dalam telinga tengah yang disebabkan oleh obstruksi tuba eustachii. Pada penyakit ini, tidak ada agen penyebab definitive yang telah diidentifikasi, meskipun otitis media dengan efusi lebih banyak terdapat pada anak yang telah sembuh dari otitis media akut dan biasanya dikenal dengan “glue ear”. Bila terjadi pada orang dewasa, penyebab lain yang mendasari terjadinya disfungsi tuba eustachii harus dicari. Efusi telinga tengah sering terlihat pada pasien setelah mengalami radioterapi dan barotrauma ( ex : penyelam ) dan pada pasien dengan disfungsi tuba eustachii akibat infeksi atau alergi saluran napas atas yang terjadi.
  1. Otitis media kronis
Disebabkan oleh :
a.       Terapi yang terlambat
b.      Terapi yang tidak adekuat
c.       Virulensi kuman tinggi
d.      Daya tahan tubuh rendah
e.       Kebersihan buruk

C.     PATOFISIOLOGI
Otitis media akut dan  kronis yang juga diketahui ebagai otitis media supuratif dan purulent adalah sama dalam patofisiologisnya.
Cara masuk bakteri pada kebanyakan pasien kemungkinan melalui tuba eustachii akibat kontaminasi secret dalam nasofaring. Agen infeksi masuk kedalam telinga tengah menyebabkan peradangan dalam mukosa yang menimbulkan bengkak dan iritasi tulang atau osikel ( tulang pendengaran pada telinga tengah ) proses ini diikuti dengan pembentukan peradangan eksudat purulent. Serangan terjadi secara mendadak atau akut dengan durasi yang relatif pendek sekitar 3 minggu atau kurang.
Otitis media kronik biasanya mengikuti kondisi akut yang berulang, berlangsung lebih lama, dan dapat dihubungkan dengan morbiditas atau injuri yang lebih luas dalam struktur telinga tengah baikm akut maupun kronik. Tanda dan gejala penyakit ini disebabkan oleh tekanan cairan pada rongga telinga tengah, tuba eustacheus dan proses infeksi. Kerusakan tulang-tulang pada teelinga tengah berkembang menjadi perforasi membrane, jetuhnya material terinfeksi ketelinga luar. Penyakit dan pengobatab menjadi lebih rumit dengan adanya otitis eksterna. Faktor penyebab biasanya saling berkaitan.
Otitis media serosa dikarakteristikan oleh akumulasi cairan sterill dibelakang membran timpani. Otitis media serosa dapat mendahului atau menjadi komplikasi jangka panjang otitis media akut. Efusi cairan mungkin menetap pada telinga tengah mencapai beberapa bulan. Ketika cairan menetap lebih lama dan mulai menebal akhirnya terjadi komplikasi berupa otitis media adhesiva. Otitis media serosa dan kronik yang tidak diobati menyebabkan penebalan dan perlukaan pada struktur telinga tengah dan tulang. Nekrosis osikel mengakibatka destruksi struktur telinga tengah. Pembedahan osikel penting dilakukan untuk mengatasi ketulian.

D.    MANIFESTASI KLINIS
  1. Otitis media akut
a.       Otorrhea bila terjadi rupture membrane tympani
b.      Otalgia/ nyeri telinga
c.       Gejala sistemik berupa demam, infeksi saluran pernafasan atas, rinitis
d.      Eritema , bengkak, perforasi pada membran tympani
e.       Tuli konduktif
f.        Sakit telinga secara tiba-tiba
  1. Otitis media seriosa
a.       Kehilangan pendengaran atau tuli
b.      Telinga terasa penuh
c.       Bunyi letupan, berderik atau suara pemotretan dalam telinga tengah yang terjadi karena tuba eustachi yang mencoba membuka
d.      Membran tynpani tampak kusam (warna kuning redup sampai abu-abu pada otoskopi pneumatik)
e.       Gelembung udara pada telinga tangah
f.        Audiogram menunjukan adanya tuli konduktif
  1. Otitis media kronik
a.       Terdapat otorrhea intermitten atau persisten yang berbau busuk
b.      Biasanya tidak ada nyeri kecuali pada kasus mastoiditis akut, dimana daerah post aurikuler menjadi nyeri tekan dan bahkan merah dan edema
c.       Kolesteatoma dapat terlihat sebagai masa putih dibelakang membrane tympani atau keluar kekanalis eksterna melalui lubang perforasi
d.      Hasil audiometri pada kasus kolesteatoma sering memperlihatkan kehilangan pendengaran konduktif atau campuran


Stadium pada OMA
Perubahan mukosa telinga tengah sebagai akibat infeksi dapat dibagi atas 4 stadium:
1.    Stadium okulasi tuba Eustachius
Tanda adanya okulasi tuba eustachius ialah adanya gambaran retraksi membran timpani akibat terjadinya tekanan negatif di telinga tengah, karena adanya absorpsi udara. Kadang-kadang membran timpani tampak normal atau berwarna keruh pucat. Efusi mungkin telah terjadi tetapi tidak dapat dideteksi. Stadium ini sukar dibedakan dengan otitis media serosa yang disebabkan oleh virus atau alergi.
2.    Stadium hiperemis(stadium presupurasi)
Pada stadium ini tampak pembuluh darah yang melebar di mrmbran tympani atau seluruh membran tympani tampak hiperemes serta edem. Sekret yang telah terbentuk mungkin masih bersifat eksudat yang serous sehingga sukar terlihat.
3.    Stadium supurasi
Edem yang hebat pada mukosa telinga tengah dan hancurnya sel epitel superfisal serta terbentuknya eksudat yang purulen di kavum tympani menyebabkan membran tympani menonjol (bulging) kearah liang telinga luar.
Pada keadaan ini pasien tampak sangat sakit, nadi dan suhu meningkat serta rasa nyeri di telinga bertambah hebat.
Apabila tekanan nanah di kavum tympani tidak berkurang, maka terjadi iskemia akibat tekanan pada kapiler-kepiler serta timbul tromboflebitis pada vena kecil dan nekrosis mukosa dan submukosa. Nekrosis ini pada daerah membran tympani terlihat sebagai daerah yang lebih lembek dan berwarna kekuningan. Di tempat ini akan terjadi ruptur. Bila tidak dilakuka insisi membran tympani (miringotomi) pada stadium ini, maka kemungkinan besar membran tympani akan ruptur dan nanah keluar ke liang telinga luar.

Dengan melakukan miringotomi luka insisi akan menutup kembali sedangkan apabila terjadi ruptur maka lubang tempat ruptur (perforasi) tidak mudah menutup kembali. 
4.    Stadium resolusi
Bila membran tympani tetap utuh maka keadaan membran tympani perlahan-lahan akan normal kembali. Bila sudah terjadi perforasi maka sekret akan berkurang dan akhirnya kering. Resolusi dapat terjadi dengan atau tanpa pengobatan. Bila daya tahan tubuh baik atau virulensi kuman rendah maka dapat terjadi resolusi meskipun tanpa pengobatan.

E.     KOMPLIKASI
Otitis media mempunyai potensi untuk menjadi serius karena komplikasinya yang sangat mengancam kesehatan dan dapat menyebabkan kematian. Tendensi otitis media mendapat komplikasi tergantung pada kelainan patologik yang menyebabkan ottore. Pemberian antibiotoka telah menurunkan insiden  komplikasi, walaupun demikian organisme yang resisten dan kurang efektifnya pengobatan akan menimbulkan komplikasi.
Komplikasi intrakranial yang serius lebih sering terlihat pada ekserbasi akut dari otitis media berhubungan dengan kolesteatoma.

F.      PENATALAKSANAAN
Menurut Pracy, R. Siegier dan Stell, P.M (1989) penatalaksanaan pada penderita otitis media adalah sebagai berikut :
1        Otitis media akut
a         Istirahat ditempat tidur dan dianjurkan untuk banyak minum
b        Berikan aspirin atau parasetamol
c         Antibiotika diberikan segera setelah diagnosa ditegakan
d        Tindakan-tindakan khusus
1)      Pembersihan telinga
Pembersihan nanah dari dalam liang telinga secara hati-hati yang diikuti pemberian antiseptik lokal. Hal ini dilakukan tiap hari sampai cairan berhenti keluar.
2)      Miringotomi
Bila terjadi penumpukan mukus atau mukupos didalam telinga tengah yang daat menyebabkan ketulian terus menerus atau otitis media cepat terjadi lagi.
2        Otitis media serosa
a         Irigasi antrum
b        Cairan ditelinga tengah dikeluarkan dengan miringotomi dan penghisapan
3        Otitis media kronis
a         Konserfatif atau medikamentosa
1)      Apabila sekret keluar terus menerus diberikan obat cuci telinga
2)      Setelah sekret berkurang dilanjutkan dengan obat tetes telinga yang mengandung antibiotika dan mengandung kortikosteroid
3)      Bila sekret tetap kering namun perforasi tetap ada setelah diobservasi selama 2 bulan maka harus dirujuk untuk miringoplasti atau tympanoplasti.
b        Pembedahan
1)      Mastoidektomi dengan atau tanpa tympanoplasti
2)      Meningotomi dengan insersi tuba
Adalah tindakan insisi pada membran tympani untuk mengeluarkan cairan yang terkumpul diantara telinga tengah dan telinga luar, biasanya dilakukan pada otitis media serosa.
3)      Timpanoplasti
Adalah pembedahan perbaikan pada membran tympani yang mengalami perforasi atau kerusakan yang luas karena infeksi, trauma, otosklerosis, stenosis, atau nekrosis pada telinga tengah.


DAFTAR PUSTAKA

Arif Mansjoer, dkk. 2001. Kapita Selekta Kedokteran edisi 3. Jakarta : Media Asculapius
Cody, D dan Thane. R. 1993. Penyakit telinga, hidung dan tenggorokan. Jakarta : EGC
FKUI. 2000. Penatalaksanaan penyakit dan kelainan hidung, telinga dan tenggorikan edisi 2. Jakarta : EGC
Pracy, R, J, siegler dan P. M. Stell. 1985. Pelajaran ringkas telinga, hidung dan tenggorokan. Jakarta : Gramedia
Reeves,C. Gayle Roux dan Robin Loekhart. 2001. Keperawatan medikal bedah edisi pertama alih bahasa Joko Setiono. Jakarta : Salemba Medika
Smeltzer, S. C. dan Brenda G. Bare. 2001. Buku ajar keperawatan medikal bedah edisi 8 alih bahasa Agung Waluyo. Jakarta : EGC


No comments:

Post a Comment

 
 
Blogger Templates